Sunday, 21 August 2016

Merawat Rambut Agar Tumbuh Subur



Sekarang tidak perlu jauh-jauh untuk perawatan rambut ke salon. Buah-buahan yang umumnya mudah ditemukan dapat digunakan untuk merawat kesehatan rambut. Jeruk nipis misalnya, sudah sekian lama digunakan untuk menjaga awet muda. Dengan menggunakan sari jeruk nipis yang dicampur dengan air dingin dapat digunakan untuk menggosok rambut agar jadi hitam cemerlang, kulit kepala menjadi bersih serta bebas dari ketombe.

Cara lain untuk membuat rambut dapat tumbuh dengan subur dan hitam cemerlang adalah madu yang dicampur dengan alkohol. Madu yang sangat banyak khasiatnya apabila dicampur dengan sedikit alkohol dapat digunakan untuk menggosok kulit kepala agar rambut semakin subur. Caranya adalah campurkan madu dengan sedikit alkohol setidaknya 3 perbanding 1, lalu digosok merata pada kulit kepala. Biarkan melekat/meresap selama kira-kira 2 jam, kemudian cuci menggunakan air hangat lalu dibilas dengan air dingin hingga bersih.

Khusus untuk rambut yang tipis dan tumbuh jarang-jarang, dapat disembuhkan dengan menggunakan 1 butir kemiri yang dibuang kulitnya, lalu dibakar sampai menjadi hangus seperti areng. Setelah itu ditumbuk halus kemudian digosok-gosok pada bagian rambut yang tumbuh jarang. Apabila dilakukan secara rutin dan teliti, dalam waktu kira-kira 2 bulan rambut akan tumbuh lebat dan hitam cemerlang.

Untuk menghitamkan rambut yang tumbuh agak cokelat/kering karena seringnya terkena sinar matahari, dapat digunakan sisa air teh yang sudah basi atau sudah semalaman menyeduhnya. Setiap pagi hari biasakan membasahi rambut dengan sisa air teh itu. Apabila dilakukan secara rutin dan teliti, pasti akan diperoleh khasiatnya, bahkan memperlambat proses pertumbuhan rambut putih (uban).

Rambut yang kuning serta kering dapat dijadikan hitam cemerlang dengan menggunakan campuran abu merang dan sari jeruk nipis. Caranya sebagai berikut :
  1. Ikat merang (sisa padi) dibakar dalam ember kaleng.
  2. Ambil abunya laludilarutkan dengan air jernih dan sari 1 buah jeruk nipis.
  3. Aduk larutan itu sampai merata.
  4. Biarkan semalaman suntuk ditempat terbuka agar terkena embun malam.
  5. Gunakanlah pada saat mandi pagi untuk keramas.
  6. Setelah itu bilas dengan air dingin yang jernih.
Untuk tetap menjaga rambut agar tetap hitam mengkilat dan lembut, dapat digunakan akar oraris dan 1/2 kg garam. Larutkan digosok pada seluruh kepala, kemudian sikat dengan garam. Melalui tulisan ini, semoga bisa membantu merawat rambut agar tetap tumbuh subur dan rambut anda terawat dan tidak rusak sehingga anda tidak perlu lagi menghabiskan uang kesalon.

Romeltea Media
Aneka Resepku Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

1 komentar so far. What are your thoughts?

 
back to top