Thursday, 1 September 2016

Doa Agar Ditolong Allah Dalam Keadaan Apapun, Kapanpun, dan Dimanapun



ngatlah selalu kepada Allah agar Allah menuntun jalan kita agar segala masalah hidup yang ingin diselesaikan dipermudah olehnya karena Allah maha memiliki atas segala sesuatu yang ada di alam semesta. Masalah kita tidak jauh dari rezeki, pasangan hidup, bisnis, dan kesehatan. Kunci dari setiap masalah yang timbul dalam kehidupan kita yaitu kita harus taan kepada ajaran Allah, nabi, rasul, sahabat-sahabatnya, dan para pemimpin yang tidak bertentangan dengan ajaran Allah.

Pemimpin sangatlah berperan penting dalam kehidupan kita. Karena setiap negara, kota, organisasi, bahkan bermain sepak bola pun pasti ada pemimpin yang bisa memerintahkan pengikutnya agar tidak menjadi lemah, menyusun strategi bertahan dan menyerang. Oleh karena itulah Islam memerintahkan umatnya agar selalu taat kepada pemimpin agar bisa menciptakan kemakmuran di setiap lingkungan.

Namun masalah yang terbesar dalam diri kita justru karena kurangnya keyakinan kepada sang pemimpin sehingga timbulah perpecahan yang menimbulkan pro dan kontra. Sebenarnya persoalan yang kita hadapi ini kecil, maka segeralah serahkan semuanya kepada Allah agar apapun yang kita hadapi dapat mempercayainya untuk memimpin dan menjaga kita. Karena, 
Kita tidak perlu memahami kenapa kita dituntun menempuh jalan yang sedang kita lalui, yang harus kita pahami bahwa Allah menolong kita agar kita berada dijalan yang insya allah benar serta menumbuhkan rasa iman dan kedewasaan kita selama menempuh perjalanan yang sedang kita lalui.
Berikut beberapa doa agar diberi perlindungan oleh Allah :

1. Al-Bukhari, An-Nasai, Ibnu Abi Hatim dan Al-Abbas ( Para sahabat nabi saw. yang ahli tafsir Al-Quran pada zamannya), bahwa menurutnya doa ini pernah diucapkan oleh Nabi Ibrahim as. ketika beliau dimasukkan kedalam api. Begitu juga yang yang diucapkan oleh Nabi Muhammad saw beserta para sahabat beliau ketika orang-orang mengatakan "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka. Maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab : "Hasbunallaahu wa ni'mal wakiil." yang artinya "Allah cukup menjadi penolong bagi kami dan sebaik-baik pelindung." (QS. Ali 'Imran [3]:173)
Hasbunallahu wa ni'mal wakiil
Setelah itu Nabi Muhammad saw beserta para sahabat beliau berdoa dengan doa yang saya beri garis tebal diatas. Maka Allah swt mengabulkan doanya. Hal ini telah diungkapkan melalui firmannya: "Maka mereka kembali dengan membawa nikmat dan karunia (yang besar) dari Allah, mereka tidak mendapat bencana apa-apa". (QS. Ali 'Imran [3]:174).
Untuk pengamalan doa ini sebaiknya diucapkanlah setelah shalat fardhu sebanyak tujuh kali sampai 70 kali. Atau lebih baik lagi hendaklah mewirid doa ini sebanyak-banyaknya setiap hari dan setiap saat agar ditolong Allah dalam keadaan apapun, kapanpun, dan dimanapun.

2. Untuk cara lainnya kita bisa mengikuti apa yang telah dilakukan oleh Imam Abu Al-Hasan Asy-Syadzili ra. Dia berkata bawah : "Barang siapa menghendaki Allah menjadi penolong, pelindung, dan pemeliharanya dalam semua urusannya, melindunginya dari kejahatan seluruh makhluknya, menanamkan rasa cinta kepadanya di hati hamba-hambanya, dan Allah membuatnya berkecukupan dengan karunianya yang amat besar dan luas.". Hendaklah dia mewirid hasbunallah wa ni'mal wakiil sebanyak 450 kali disetiap hari dan di waktu malam. Kemudian dilanjutkan dengan : "Fanqalabuu bini'matimminallaahi wa fadhlillam yamsashum suu-un." sebanyak 7 kali lalu setelah ucapan ke 7 ucapkanlah "Wattaba'uu ridh waanallaahi, wallaahu dzuu fadh-lin 'azhiim." yang artinya "Mereka mengikuti ridha Allah dan Allah mempunyai karunia yang amat besar", (QS. Ali 'Imran [3]:174).
Insya Allah kita akan berada dalam penjagaan Allah yang kokoh dan ALlah menjaganya dalam semua gerak dan diamnya, memelihara dari segala macam gangguan, dengan seizin Allah ta'aalaa". Abu Al-Hasan bilang, "Barang siapa yang menekuni mewirid hasbunallaahu wa ni'mal wakiil seperti amalan diatas, maka dia akan sukses bersama orang-orang yang sukses, dan mereka tidak akan memiliki rasa takut dan tidak pula bersedih hati.

3. Namun jika dia ingin menolak dengan cepat berbagai hal yang menyusahkan dan membahayakannya, wiridlah doa ini sebanyak bilangan tersebut diatas, lalu ucapkanlah : "Yaa 'aziizu, yaa kaafii, yaa qawiyyu, yaa lathiif." yang artinya "Wahai yang maha perkasa, wahai yang maha mencukupi, wahai yang maha kuat, wahai yang halus (yaitu yang memberikan berkah dan karunianya kepada manusia dengan cara-cara yang sangat tidak kentara". Ucapkanlah doa ini sebanyak 450 kali agar mendapatkan kemenangan yang diinginkannya atas musuh-musuh saingannya. Dan Allah swt akan memantapkan rasa simpati kepadanya diseluruh alam, hingga dia menjadi mulia di hadapan semua makhluknya".
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Agama Islam dari segi kebahasaan mengandung arti taat dan berserah diri kepada Allah swt agar diberi keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat. Semoga doa diatas bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Romeltea Media
Aneka Resepku Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

Be the first to reply!

Post a Comment

 
back to top