Saturday, 27 August 2016

Pijat Refleksi di Jari Tangan


Bismillahirrohmanirrohiim..

Menurut ilmu kedokteran tradisional timur, didalam tubuh kita terdapat 12 jalur atau meridian syaraf yang setiap syaraf berhubungan dengan  tiap-tiap organ tubuh kita. diantaranya ada 6 (enam) jalur yang melalui tangan kita :

1. Jalur paru-paru :
Dimulai dari bagian titik Sau Sang yang terdapat disisi luar pergelangan atas ibu jari.
Jalur paru-paru ini behubungan erat dengan paru-paru atau bronkhi yang mengatur pernapasan.
Titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti terkena flu, asma, infeksi bronkhus dan sebagainya. Bila ibu jari kanan yang sakit, berarti organ pernapasan sebelah kanan yang sakit. Demikina juga dengan ibu jari kiri berhubungan dengan pernapasan sebelah kiri.

2. Jalur Usus Besar :
Dimulai dari bagian titik Sang Yang terletak dibawah kuku jari telunjuk. titik ini bila dipijat merasa sakit, berarti sisitem pencernaan kurang baik.

3. Jalur Pembungkus Jantung :
Dimulai dari bagian titik Chong Zhong, terletak dibawah kuku jari tengah yang mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah juga berhubungan dengan usus kecil. Bila mencret karena gelisah, titik ini bisa sakit bila dipijat.

4. Jalur San Chau :
Dimulai dari bagian titik Kwan Zhong, terletak dibawah kuku jari manis, ia mengatur sistem limfe dan sistem hormon. Jika suhu badan menjadi panas atau dingin, titik ini akan sakit bila dipijat.

5. Jalur Jantung :
Dimulai dari bagian titik Sau Zhong. terletak dibawah kuku jari kelingking sebelah dalam, yang mengatue fungsi jantung dan peredaran darah. Bila organ anda bermasalah dikarenakan pikiran tegang, pijatlah titik ini.

6. Jalur Usus Kecil :
Dimulai dari bagian titik Sau Zhe, letaknya dibawah kuku jari kelingking sebelah luar yang mengatur kegiatan usus kecil, bila terjadi sembelit, titik ini bisa sakit bila dipijat.

Selain jalur yang melewati tangan seperti tersebut diatas ada jalur yang melewati kaki yaitu :

  1. Jalur lever dan pankreas ada di ibu  jari kaki
  2. Jalur Lambung ada di jari kedua jari kaki
  3. Jalur Empedu ada di jari keempat jari kaki
  4. Jalur Kandung Kencing ada di jari kelingking jari kaki
  5. Jalur Ginjal ada di tengah telapak kaki.


Memijat bisa dengan tekanan keras, sedang atau ringan, ada kalanya dipijat satu kali, dua kali sudah sembuh, ada juga yang memerlukan waktu berhari-hari.


Sumber :
Mark S, Kesembuhan melalui Pijat Refleksi (Surabaya: Mawar, 1989), hlm. 5.

Romeltea Media
Aneka Resepku Updated at:
Get Free Updates:
*Please click on the confirmation link sent in your Spam folder of Email*

2 komentar so far. What are your thoughts?

 
back to top